Satuan Pendidikan : SMA
Mata Pelajaran : Fisika
Kelas/Semester : XI/1
Tahun Ajaran :
No
|
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Standar
Materi/Materi Penting
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Media
Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Sumber
Belajar/Alat/Bahan
|
1
|
Menganalisis
gejala alam dan keteraturannya dalam cakupan mekanika
benda
titik
|
1.1
Menganalisis
keteraturan gerak planet dalam tatasurya berdasarkan hukumhukum Newton
|
·
Gravitasi
|
a.kognitif
·
Siswa
menyebutkan anggota tata surya,menyebutkan huum gravitasi newton dan kepler.
·
.Siswa
menjelaskan ciri planet-planet,matahari dan satelitnya.
·
Siswa
membuat ilusi pergerakan tata surya
·
Siswa
menghirung nilai G
·
Siswa
merangku materi tentang gravitasi.
·
Siswa
membandingkan perbedaan fravitasi di setiap planet.
B.Afektif
·
Siswa
mendengarkan penjelasan guru tentang gravitasi.
·
Siswa
bergabung dengan membentuk kelompok untuk mecoba mengilustrasikan pergerakan
planet-planet.
·
Siswa
memuji siswa yang berhasil dengan baik mengilustrasikan pergerakan planet.
·
Siswa
memecahkan masalah siswa jika ada kesulitan dalam belajar tentang gravitasi.
·
Siswa
mengujungi tempat-tempat yang ada kaitanya dalam pembelajaran.
C.Psikomotor
·
Siswa
mendengar dengan baik apa yang sudah di jelaskan guru.
·
Siswa
melatih mengerjakan soal-soal tentang gravitasi.
·
Siswa
menulis kembali hal-hal yang sudah di pelajari dan melengkapi yang masih
kurang.
·
Siswa
memberikan cara untuk menetukan nilai G dan masa bumi.
·
Siswa
membuat kesimpulan hasil pembelajaran tentang gravitasi.
·
Siswa
memberi ilusi yang lebih baik dari yang di ajarkan guru.
·
Siswa
emberi ilusi yang lebih baik dari yang di ajarkan guru.
·
Siswa
membuat cara sendiri dalam belajar gravitasi
|
Menganalisis
hubungan antara gaya gravitasi dengan massa benda dan jaraknya
A.
kognitif
1.
Menyebutkan
anggota tata surya,menyebutkan huum gravitasi newton dan kepler.
2.
Menjelaskan
ciri planet-planet,matahari dan satelitnya.
3.
Membuat
ilusi pergerakan tata surya
4.
Menghirung
nilai G
5.
Merangku
materi tentang gravitasi.
6.
Membandingkan
perbedaan fravitasi di setiap planet.
A. Afektif
1.
Mendengarkan
penjelasan guru tentang gravitasi.
2.
Bergabung
dengan membentuk kelompok untuk mecoba mengilustrasikan pergerakan
planet-planet.
3.
Memuji
siswa yang berhasil dengan baik mengilustrasikan pergerakan planet.
4.
Memecahkan
masalah siswa jika ada kesulitan dalam belajar tentang gravitasi.
5.
Mengujungi
tempat-tempat yang ada kaitanya dalam pembelajaran.
B. Psikomotor
1.
Mendengar
dengan baik apa yang sudah di jelaskan guru.
2.
Melatih
mengerjakan soal-soal tentang gravitasi.
3.
Menulis
kembali hal-hal yang sudah di pelajari dan melengkapi yang masih kurang.
4.
Memberikan
cara untuk menetukan nilai G dan masa bumi.
5.
Membuat
kesimpulan hasil pembelajaran tentang gravitasi.
6.
Memberi
ilusi yang lebih baik dari yang di ajarkan guru.
7.
Membuat
cara sendiri dalam belajar gravitasi
|
12 x 45 menit
|
Sumber:
Buku
Paket
Buku
referensi
lain
LKS
Tuntas
|
Kelompok
III, SMA kelas XI/I
Nama :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar