STRATEGI PEMBELAJARAN MODEL (TRAINING MODEL)
Pokok bahasan :Tata
Surya
Sub
pokok bahasan : Menganalisis
keteraturan gerak panel dalam tata surya berdasarkan
hukum newton
Tujuan
umum : Memahami hukum newton
tentang gravitasi,gaya gravitasi antar
pratikel,kuat medan gravitasi dan percepatan
gravitasi,gravitasi antar
planet dan hukum keppler.
Tujuan
khusus : 1. Menganilisis
antara hubungan gaya gravitasi dengan massa benda
dengan jaraknya.
2.Menghitung resultan gaya gravitasi pada
benda titik dalam suatu
sistem.
3. membandingkan percepatan gravitasi dan
kuat medan
gravitasipada kedudukan yang berbeda.
4. menganalisis gerak planet dalam tata
surya berdasarkan hukum
keppler.
Urain Materi :
Contoh gaya tarik gravitasi yang paling terkenal adalah gaya berat
kita,yaitu gaya yang menarik tubuh kita ke
bumi.selama studinya
tentang gerak planet dan bulan,newton
menemukan sifat yang
fundamentaldari gaya gravitasi di antara dua
benda.Menyertai ke tiga
hukum geraknya.pada tahun 1687 newton
mempublikasikan hukum
gravitasi yang di nyatakan sebagai berikut:
Hukum newton tentang gravitasi :
“Gaya gravitasi antara dua benda merupakan
gaya tarik menarik yang
besarnya berbanding lurus dengan hasil kali
massa-masanya dan
berbanding terbalik dengankuadrat antara
jarak ke duanya”.
Hukum gravitasi tersebut apabila di tuliskan
degan persamaan adalh :
F = gaya gravitasi (N)
M1,m2 = masa masing-masing benda (kg)
r = jarak
antara ke dua benda (m)
G = konstanta gravitasi umum.
Gaya gravitasi
selalu bekerja sepanjang garis yang menghubungkan ke dua benda dan membentuk
pasangan gaya aksi-reaksi.bahan ketika masa-masa benda berbeda,dua gaya
interaksinya tetap mempunyai besar sama F12=F21.
No
|
Tahapan
Pembelajaran
|
Kegiatan
Guru
|
Kegiatan
Siswa
|
1
|
Menjelaskan
tujuan
|
Menguraikan
tujuan pembelajaran yaitu :
Tujuan
umum:
Memahami
hukum newton tentang gravitasi,gaya gravitasi antar partikel,kuat medan
gravitasi dan percepatan gravitasigravitasi antar partikel,hukum keppler.
Tujuan
khusus :
a.Menganalisis hubungan antara gaya
gravitasi dengan masa benda dan jaraknya.
b.
menghitung resultn gayagravitasi pada benda titik dalam suatu sistem.
c.
membandingkan percepatangravitasi dan kuat medan gravitasi pada kedudukan
yang berbeda.
d.
menganalisis gerak planet dalam tata surya berdasarkan hukum newton.
|
Memperhatikan
dan mencemati tujuan.
|
Memberikan
kesempatan kepada siswa untuk beranyabtentang tujuan pembelajaran /bagian
yang kurang jelas dari tujuan pembelajaran tersebut.
|
Bertanya
kepada guru tentang tujuan pembelajaran yang akan di capai.
|
||
2
|
Menjelaskan
materi
|
Hukum
gravitasi newton apabila di tuliskan dalam persamaan:
F = gaya gravitasi (N)
M1,m2 = masa masing-masing benda
(kg)
r = jarak antara ke dua benda (m)
G = konstanta gravitasi umum.
Rumus
untuk mencari resultan gaya gravitasi untuk dua gaya gravitasi F12 dan F13
yang bekerja pada m1.
Maka
resultan gaya gravitasi pada m yaitu :
Besar
resultan gaya gravitasi F1 adalah : dan alpa sudut
antara F12 dan F13.
Untuk menentukan percepatan
gravitasi di lakukan persamaan :
F = m.a
Dengan
menyamakan persamaan satu dan dua di peroleh :
.......(1)
Percepatan yang timbul akibat
gaya gravitasi ini di sebutpercepatan
gravitasi,yang biasanya di simbolkan dengan huruf g.sebagai contoh untuk
percepatan gravitasi bumi berdasarkan data-data berikut .masa bumi dan jari-jari bumi maka di peroleh :
......(2)
Apabila benda berada pada jarak r
dari pusat bumi maka perbandingan pada jarak r dan g
pada permukaan bumi adalah :
.......(3)
Untuk benda yang berada pada
ketingiian h dari permukaan bumi,maka perbandingan terhadap g adalah :
........(4)
Jika nilai h jauh lebih kecil dari
pada jari-jari bumi,maka persamaan dapat di tuliskan
........(5)
Bunyi
hukum keppler :
“orbit
di setiap planet adalah elipsdengan matahari di sebuahfokus,sebuah garis
bergabungndengan sebuah planet dan matahari sama mempunyai mempunyai keluar
daerah selama interval waktu yang sama,persegi dari periode orbit sebuah planet secara langsung
proporsional dengan kubus dari setengah subu utama dan orbitnya.
|
Memperhatikan
da mencermati penjelasan guru tentang keteraturan gerak planet dalm tata
surya.
|
|
|
Dalam
menyampaikanmateri inidapay di gunakan media presentasidi gunakan dengan
power point/auto flash agae peserta didik lebih tertarik dan
pembelajaranbersifat monotom.
Menanyakn
/memberikankesempatan kepada siswa untuk beratnya bagian yang kurang
jeas/belum di pahami.
|
Bertanya
bila ada yang kurang jeas tetapi bila sudah jelas semua materi dapat di
lanjutkan.
|
3
|
Mendemonstrasikan
unjuk kerja
|
Memperagakn
prosedur penggunaan alat yang akan di gunakan dalam hal inimenggunakan neraca
puntir.yang perlu di perhatikan dalam menggunakan neraca puntir
kehati-hatianya agar alat tidak rusak.
|
Memperhatikan
prosedur penggunaan alat yang benar.dalam hal ini kita meggunakan neraca
puntir.
|
|
|
Menjelaskan
prosedur dan langkah kerja:
1.siswa
menyiapkan alat dan bahan untuk praktek seperti alat tulis buku,neraca
puntir.
2.siswa
meneliti neraca puntir yang akan di gunakan untuk praktek apa ada kerusakan
atau tidak.
3.siswa
mencatat hasil praktek dengan kelompok masing-masing.
4.siswa
mebuat laporan hasil praktikum.
|
Siswa
memperhatikan dan mencermati penjelasa langkah-langkah kerja yang di
sampaikan guru.
|
4
|
Latihan
praktik simulasi
|
Untuk
menentukan konstanta gravitasi umum G,kita harus mengukur gaya gravitasi di
mana dua benda yan sudah diketahui masanya m1 dan m2,serta diketahui jarak
antara keduanyar.gaya gravitasi sangat kecil untukukuran benda yang bisa di
bawa ke laboratorium,namun hal ini dapat di ukur dengan alat ukur yang di
sebut neraca puntir.Neraca inipertama kali di susun dan di gunakan pada
tahun1798 oleh sir henry cavendish untuk menetukan nilai Gsehingga neraca
tersebut di namakan sebagai neraca cavendish.
Neraca
puntir terdiri dari suatu kawat ringan berbentuk huruf T yang terbalik yang
di gantung dengan serat vetikal yang sangat lembut.dua bola kecil
masing-masing m1 di tempatkan pada ujung lengan horizontal T.Ketika kita
meletakan dua bola besar yang masing-masing masanya m2 ke possisi seperti
pada gambar,maka gaya tarik antara gravitasi akan menilin atau memuntir T
melalaui sudut defleksi yang kecil.untuk mengukur sudut ini,kita menyinarkan
seberkas cahaya pada cerminyang di tempatka pada T.Berkas sinar pantul
bergerak sepanjang sekala.Setelah mengkalibrasikanneraca cavendish,kita dapat
menghitung gaya gravitasi dan nilai G.nilai Gyang di tetapkan dalam satua SI
adalah .
|
Siswa
memperhatikan penjelasan guru.
|
5
|
Latihan
pengalihan
|
Memberikan
umpan balik kepada siswa jika siswa kurang jelas siswa di beri kesempatan
untuk bertanya.
|
Siswa
bertanya jika siswa kurang paham.
|
6
|
Kunjungan
industri
|
Siswa
melakukan study tour ke tempat yang berhubungan denga materi yang ajarkan,misalkan berkunung di planetarium
yang ada di jakarta.
|
Siswa
ikut dalam study tour yang di rencanakan oleh guru dalam acara kumjungan
industri.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar