Selasa, 22 Mei 2012

training model

STRATEGI PEMBELAJARAN MODEL (TRAINING MODEL)
Pokok bahasan            :Tata Surya
Sub pokok bahasan     : Menganalisis keteraturan gerak panel dalam tata surya berdasarkan
                                      hukum newton
Tujuan umum              : Memahami hukum newton tentang gravitasi,gaya gravitasi antar
                                      pratikel,kuat medan gravitasi dan percepatan gravitasi,gravitasi antar
  planet dan hukum keppler.
Tujuan khusus             : 1. Menganilisis antara hubungan gaya gravitasi dengan massa benda
       dengan jaraknya.
    2.Menghitung resultan gaya gravitasi pada benda titik dalam suatu
       sistem.
    3. membandingkan percepatan gravitasi dan kuat medan
        gravitasipada kedudukan yang berbeda.
    4. menganalisis gerak planet dalam tata surya berdasarkan hukum
        keppler.
Urain Materi                : Contoh gaya tarik gravitasi yang paling terkenal adalah gaya berat
                                      kita,yaitu gaya yang menarik tubuh kita ke bumi.selama studinya
                                      tentang gerak planet dan bulan,newton menemukan sifat yang
                                      fundamentaldari gaya gravitasi di antara dua benda.Menyertai ke tiga
                                      hukum geraknya.pada tahun 1687 newton mempublikasikan hukum
                                      gravitasi yang di nyatakan sebagai berikut:
  Hukum newton tentang gravitasi :
                                      “Gaya gravitasi antara dua benda merupakan gaya tarik menarik yang
                                        besarnya berbanding lurus dengan hasil kali massa-masanya dan
                                        berbanding terbalik dengankuadrat antara jarak ke duanya”.


                                     Hukum gravitasi tersebut apabila di tuliskan degan persamaan adalh :
                                     
                                     F          = gaya gravitasi (N)
M1,m2 = masa masing-masing benda (kg)
r            = jarak antara ke dua benda (m)
G           = konstanta gravitasi umum.
Gaya gravitasi selalu bekerja sepanjang garis yang menghubungkan ke dua benda dan membentuk pasangan gaya aksi-reaksi.bahan ketika masa-masa benda berbeda,dua gaya interaksinya tetap mempunyai besar sama F12=F21.      
No
Tahapan Pembelajaran
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
1
Menjelaskan tujuan
Menguraikan tujuan pembelajaran yaitu :
Tujuan umum:
Memahami hukum newton tentang gravitasi,gaya gravitasi antar partikel,kuat medan gravitasi dan percepatan gravitasigravitasi antar partikel,hukum keppler.
Tujuan khusus :
 a.Menganalisis hubungan antara gaya gravitasi dengan masa benda dan jaraknya.
b. menghitung resultn gayagravitasi pada benda titik dalam suatu sistem.
c. membandingkan percepatangravitasi dan kuat medan gravitasi pada kedudukan yang berbeda.
d. menganalisis gerak planet dalam tata surya berdasarkan hukum newton.
Memperhatikan dan mencemati tujuan.
Memberikan kesempatan kepada siswa untuk beranyabtentang tujuan pembelajaran /bagian yang kurang jelas dari tujuan pembelajaran tersebut.
Bertanya kepada guru tentang tujuan pembelajaran yang akan di capai.
2
Menjelaskan materi
Hukum gravitasi newton apabila di tuliskan dalam persamaan:
F          = gaya gravitasi (N)
M1,m2 = masa masing-masing benda (kg)
r            = jarak antara ke dua benda (m)
G           = konstanta gravitasi umum.
Rumus untuk mencari resultan gaya gravitasi untuk dua gaya gravitasi F12 dan F13 yang bekerja pada m1.
Maka resultan gaya gravitasi pada m yaitu :
Besar resultan gaya gravitasi F1 adalah : dan alpa sudut antara F12 dan F13.
Untuk menentukan percepatan gravitasi di lakukan persamaan :
F = m.a
Dengan menyamakan persamaan satu dan dua di peroleh :
.......(1)
Percepatan yang timbul akibat gaya  gravitasi ini di sebutpercepatan gravitasi,yang biasanya di simbolkan dengan huruf g.sebagai contoh untuk percepatan gravitasi bumi berdasarkan data-data berikut .masa bumi  dan jari-jari bumi  maka di peroleh :
     ......(2)
Apabila benda berada pada jarak r dari pusat bumi maka perbandingan  pada jarak r dan g pada permukaan bumi adalah :
                   .......(3)
Untuk benda yang berada pada ketingiian h dari permukaan bumi,maka perbandingan terhadap g adalah :
........(4)
Jika nilai h jauh lebih kecil dari pada jari-jari bumi,maka persamaan dapat di tuliskan
........(5)

Bunyi hukum keppler :
“orbit di setiap planet adalah elipsdengan matahari di sebuahfokus,sebuah garis bergabungndengan sebuah planet dan matahari sama mempunyai mempunyai keluar daerah selama interval waktu yang sama,persegi dari  periode orbit sebuah planet secara langsung proporsional dengan kubus dari setengah subu utama dan orbitnya.
Memperhatikan da mencermati penjelasan guru tentang keteraturan gerak planet dalm tata surya.


Dalam menyampaikanmateri inidapay di gunakan media presentasidi gunakan dengan power point/auto flash agae peserta didik lebih tertarik dan pembelajaranbersifat monotom.
Menanyakn /memberikankesempatan kepada siswa untuk beratnya bagian yang kurang jeas/belum di pahami.
Bertanya bila ada yang kurang jeas tetapi bila sudah jelas semua materi dapat di lanjutkan.
3
Mendemonstrasikan unjuk kerja
Memperagakn prosedur penggunaan alat yang akan di gunakan dalam hal inimenggunakan neraca puntir.yang perlu di perhatikan dalam menggunakan neraca puntir kehati-hatianya agar alat tidak rusak.
Memperhatikan prosedur penggunaan alat yang benar.dalam hal ini kita meggunakan neraca puntir.


Menjelaskan prosedur dan langkah kerja:
1.siswa menyiapkan alat dan bahan untuk praktek seperti alat tulis buku,neraca puntir.
2.siswa meneliti neraca puntir yang akan di gunakan untuk praktek apa ada kerusakan atau tidak.
3.siswa mencatat hasil praktek dengan kelompok masing-masing.
4.siswa mebuat laporan hasil praktikum.

Siswa memperhatikan dan mencermati penjelasa langkah-langkah kerja yang di sampaikan guru.
4
Latihan praktik simulasi
Untuk menentukan konstanta gravitasi umum G,kita harus mengukur gaya gravitasi di mana dua benda yan sudah diketahui masanya m1 dan m2,serta diketahui jarak antara keduanyar.gaya gravitasi sangat kecil untukukuran benda yang bisa di bawa ke laboratorium,namun hal ini dapat di ukur dengan alat ukur yang di sebut neraca puntir.Neraca inipertama kali di susun dan di gunakan pada tahun1798 oleh sir henry cavendish untuk menetukan nilai Gsehingga neraca tersebut di namakan sebagai neraca cavendish.
Neraca puntir terdiri dari suatu kawat ringan berbentuk huruf T yang terbalik yang di gantung dengan serat vetikal yang sangat lembut.dua bola kecil masing-masing m1 di tempatkan pada ujung lengan horizontal T.Ketika kita meletakan dua bola besar yang masing-masing masanya m2 ke possisi seperti pada gambar,maka gaya tarik antara gravitasi akan menilin atau memuntir T melalaui sudut defleksi yang kecil.untuk mengukur sudut ini,kita menyinarkan seberkas cahaya pada cerminyang di tempatka pada T.Berkas sinar pantul bergerak sepanjang sekala.Setelah mengkalibrasikanneraca cavendish,kita dapat menghitung gaya gravitasi dan nilai G.nilai Gyang di tetapkan dalam satua SI adalah .
Siswa memperhatikan penjelasan guru.
5
Latihan pengalihan
Memberikan umpan balik kepada siswa jika siswa kurang jelas siswa di beri kesempatan untuk bertanya.
Siswa bertanya jika siswa kurang paham.
6
Kunjungan industri
Siswa melakukan study tour ke tempat yang berhubungan denga materi yang  ajarkan,misalkan berkunung di planetarium yang ada di jakarta.
Siswa ikut dalam study tour yang di rencanakan oleh guru dalam acara kumjungan industri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar